Inilah Cara budidaya lele agar cepat panen pada kolam tanah


 Cara budidaya lele agar cepat panen pada kolam tanah.



          Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air Tawar yang sudah dibudidayakan secara komersial oleh masyarakat Indonesia. Budidaya lele berkembang pesat dikarenakan dapat dibudidayakan di lahan dan sumber air yang terbatas dengan kepadatan tinggi, dalam budidaya lele relatif mudah dikuasai oleh masyarakat, pada proses pemasarannya relatif mudah, putaran panen ikan relative lebih cepat dari jenis ikan air tawar lainnya dan modal usaha yang dibutuhkan relatif rendah.

      Dalam budidaya ikan lele ada beberapa jenis kolam yang sering digunakan oleh petani lele diantaranya yaitu tipe kolam tanah, kolam semen, kolam terpal, jenis jaring apung dan jenis jaring kerambah. dari jenis kolam tersebut memiliki keunggulang dan kekurangan masing – masing, dalam pembuatan kolam ikan lele kita harus menyesuaikan dengan lingkungan disekitar dan ketersediaan air.

         Berikut ini bagaimana proses dan langkah – langkah yang harus dilakukan dalam budidaya ikan lele kolam tanah agar bisa panen lebih cepat :

1. kita harus mempersiapkan terlebih dahulu kolam tempat ikan lele, berikut ini yang harus    dilakaukan dalam mempersiapkan kolam kolam ikan :

sumber : google.com

Pengapuran sumber : Google.com

mengeluarkan lumpur / tanah sumber : google.com

  • Setelah selesai melakukan pengeringan kolam, maka tanah / lumpur didalam kolam dikeluarkan dan dibajak menggunaka cangkul agar bertujuan untuk memperbaiki kegemburan tanah dan sekaligus membuang gas beracun di dalam tanah. lumpur didalam kolam biasanya berbau busuk dan menyimpan gas beracun seperti zat amonia dan juga zat hidrogen sulfida. gas beracun tersebut berasal dari sisa – sisa pakan ikan yang mengendap didalam kolam.
  • setelah kolam dibersihkan, selanjutnya melakukan pengapuran untuk menyeimbangkan tingkat keasaman dan sekaligus membasmi mikroorganisme pathogen yang mengendap didasar kolam.
  • setelah melakukan pengapuran , selanjutnya melakukan proses pemupukan yang bertujuan untuk menutris tanah agar ditumbuhi biota air yang dapat dimanfaatkan untuk pakan ikan alami lele nantinya setelah penebaran benih seperti plankton, cacing dan biota air lainnya.selanjutnya kita harus memperhatikan ketinggian air di dalam kolam sekitar100 – 120 cm, kemudian biarkan kolam terpapar sinar matahari secara langsung selama 1 minggu. Kolam ikan lele tipe tanah yaitu kita harus melakukan pengeringan, pengapuran dan pemupukan. 


2. Poses pemilihan bibit / benih ikan lele, tingkat dalam keberhasilan dalam budidaya ikan lele dapat ditentukan dari awal pembelian benih ikan lele yang berkualitas. untuk mendapat ikan lele yang berkualitas maka anda bisa memperoleh benih dengan cara pembenihan atau pembelian benih ikan lele dari perikanan atau peternak lain yang sudah tepercaya dan berpengalaman lama dalam pembenihan. ciri – ciri bibit ikan lele yg unggul adalah :




sumber : google.com



a.    bertubuh sehat
b.    berukuran 3 mm x 5 cm dan 4 mm x 6 cm
c.    terbebas dari penyakit
d.    memiliki pergerakan renang yg baik
e.    tidak cacat
.


4    3.  proses penebaran benih / bibit, sebelum melakukan penebaran benih pada kolam tanah benih / bibit yang berukuran  3 mm x 5 cm dan 4 mm x 6 cm sebaiknya benih di kerambahkan / jaring dulu hingga berumur 2 minggu didalam kerambah, untuk mencegah dari predator / pemangsa. tingkat kepadatan ikan lele untuk 300 – 500 ekor ikan dapat ditebar pada kolam berukuran 1 meter persegi dan berlaku kelipatan

      4. roses pemberian pakan ikan lele, ikan lele termsuk ikan karnivora, pakan yang baik untuk ikan lele adalah banyak mengandung nutrisi seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. untuk pemberian pakan ikan lele sebaiknya berupa pellet dari pabrik Karena nutrisinya yang cukup tergantung merek dan harga. untuk pemberian pakan ikan lele sebaiknya 3 kali sehari (pagi, sore dan malam) dan yang lebih bagusnya lagi 4 kali 1 hari (pagi, siang, sore dan malam hari . pilih lah pakan ikan lele yang bagus dan berkualitas  untuk menunjang pertumbuhan dan kesehatan ikan lele.
5.    dan yang ditunggu – tunggu yaitu panen ikan lele, proses panen ikan lele dilakukan sekitar 2,5 – 3 bulan dari masa masuknya bibit ke kolam dengan ukuran 4 mm x 6 cm dengan ukuran ikan pada saat panen 10 – 8 / kg. pada saat panen ikan tidak boleh diberi makan karena nantiknya ikan akan memuntahkan kembali pakan yang telah diberikan dan menyebabkan kematian pada ikan, batas pemberian pakan ikan sehari sebelum panen atau 24 jam sebelum panen. agar mengurangi resiko kematian pada ikan.
Itulah proses dan langkah – langkah yang harus dilakukan dalam budidaya ikan lele kolam tanah agar bisa panen lebih cepat,semoga bermanfaat ya gan.


Post a Comment

0 Comments